Jumat, 25 Maret 2011

Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

1. Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

Untuk bahasan kali ini, saya akan membahas mengenai kerajaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia. Pertama saya akan membahas kerajaan Kutai, yaitu kerajaan Hindu pertama di Indonesia yang tercatat dalam sejarah.


Kerjaan Kutai......
Kerajaan kutai berada di hulu sungai Mahakam, yaitu di daerah kalimantan timur. Menurut sejarah, kerajaan Kutai didirikan oleh rajanya yang pertama, yaitu Kudungga, yang kemudian di teruskan oleh putra putranya, yaitu Raja Asmawarman, dan Raja Mulawarman.

Sumber mengenai keberadaan kerajaan kutai berdasarkan dari tujuh buah tiang batu yang biasa di sebut yupa. Di dalam yupa ini sendiri terdapat aksara aksara yang menggunakan huruf pallawa dan bahasa sansekerta. Sejak adanya pengaruh Hindu(hindia) di kalimantan timur, terjadi perubahan dalam tata pemerintahan, yaitu dari sitem kepala suu menjadi sitem pemerintahan kerajaan dengan seorang raja sebagai kepala pemerintahan.



Berdasarkan isi prasasti prasasti kutai, dapat diketahui bahwa pada abad ke-4 M masyarakat di daerah kutai telah benyak menerima pengaruh hindu. Sementara kehiduupan perekonomian masyrakat kutai tidak banyak yang di ketahui dari prasasti prasasti kutai. Namun melihat letaknya, kutai sangat strategis, terletak pada jalur aktivitas pelayaran dan perdagangan antara dunia barat dan dunia timur.
Sedangkan kebudayaan masyarakat kutai adalh yupa. Yupa merupakan sebuah tugu batu untuk mengikat kurban yang dipersembahkan. Namun, sebenarnya tugu batu itu merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia dari jaman Megalithikum, yaitu kebudayaan menhir. Selain itu juga ada kebiasaan unik kerajaan Kutai pada saat pemerintahan Raja Asmawarman, yaitu upacara perluasan wilayah dengan cara melepas kuda, atau yang biasa di sebut Asmaweda.
Masyrakat kutai memeluk agam siwa, hal ini didukung oleh beberap faktor berikut:
1. Besarnya pengaruh kerajaan pallawa yang beragama siwa menyebabkan agama siwa terkenal di Kutai.

2. Pentingnya peranan para brahmana di Kutai menunjukan besarnya pengaruh brahmana dalam agama siwa terutama mengenai upacara korban.

Sekian dari saya mengenai kerajaan hindu pertama di Indonesia, di posting berikutnya saya akan membahas mengenai kerajaan Tarumanegara.

SALAM RULIYADI ARMAN

SUMBER (MERDEKA INDONESIAKU)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TERIMA KASIH UNTUK KOMENTAR ANDA....
SALAM RULIYADI ARMAN